Translate

Senin, 05 Desember 2011

laporan t

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
 “PERWATAN DAN PERBAIKAN SISTIM PENGISIAN PADA MOBIL KIJANG TYPE 3K”
DI BENGKEL ANUGRAH ABADI



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwLDJjduiCwNqN8r5NmBur9bHPGWevwdPqknxF4jHH6dGldQXvnmt1XYsN98lksLCnxyJiHBYI4rcYMXJwHATlVuCL4zKVnFEIp4rTCAd6dUKFbSamyLh49TgVZZnhF7S3ShTV0YIouxE/s1600/wui.jpg





Di susun untuk melengkapi tugas dalam Praktek Kerja Industry
Dan memenuhi syarat mengikuti Ujian Akhir Nasional


Disusun Oleh:
Nama : Toyib Abdullah
NIS :
Kelas : II Teknik Mekanik Otomotif



Program studi keahlian teknik otomotif
Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Mranggen
2011
PENGESAHAN
SMK PEMBANGUNAN MRANGGEN

   
Laporan kerja praktek industri ini telah di setujui oleh pembimbing dan disahkan pada :
Hari/tanggal :
tempat          : SMK Pembangunan

Mengetahui,

Ketua kompetensi keahlian                                                                  Guru pembimbing
   Teknik kendaraan ringan


   Bowo SPd                                                                                    Mustaghfirin,S.Pd


Mengetahui,
Kepala SMK Pembangunan Mranggen

Drs Asmu’i






PENGESAHAN
BENGKEL ANUGRAH ABADI

Laporan Praktik Kerja Indrustri ini telah di setujui oleh pembimbing dan disahkan pada :

 Hari/tanggal:
 Tempat       :Bengkel Anugrah Abadi





Mengetahui,

Bengkel Anugrah Abadi                                                                         Guru Pembimbing



Tri nugroho                                                                                                     Hendrik







Motto dan Persembahan
Motto
  • Jika ada kemauan pasti ada jalan.
  •  Jangan cepat merasa puas dengan hasil yang sudah diraih.
  • Tiada kata menyerah sebelum mencoba.

Persembahan
  • Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya.
  • Kedua orang tua yang telah mendukung.
  • Guru pembimbing yang telah membantu.
  • Pembimbing Industri Bengkel Anugrah Abadi.
  •  Teman – teman yang telah memberikan dukungan.
  •  Semua pihak yang telah membantu penulisan laporan ini.





               


KATA PENGANTAR

            Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan berkat dan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini sebagai pelengkap praktek kerja industry.
            Perkenankan dalam kesempatan yang baik ini, penulis sampaikan laporan dari pelaksanaan  prakerin mengingat begitu luas dan banyaknya pekerjaan ang dilakukan di bengkel. Maka pada kesempatan ini penulis mengankat salah satu topic pekerjaan yaitu “perawatan dan perbaikan sistim pendingin pada mobil Toyota soluna”
            Tidak lupa penulis mengucapkan terimakasih banyak kepada
1.         Drs Asmu’I selaku kepala SMK Pembangunan Mranggen.
2.         Bowo S.Pd selaku pembimbing sekolah.
3.         Boni selaku kepala bengkel.
4.         Mekanik PT Centris Multipersada.
5.         Semua pihak yang telah membantu dalam menyusun laporan ini yang mungkin tidak dapat penulis sebutkan namanya satu persatu.
Penulis menyadari laporan prakerin ini jauh dari sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun kepada pembaca semua untuk menyempurnakan laporan prakerin ini.
Besar harapan penulis, laporan ini dapat berman faat bagi kiata semua dan penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan yang ada atas pehatiannya penulis mengucapkan terima kasih.




Mranggen, September 2011


     Penyusun




DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
  1. HALAMAN PENGESAHAN1……………………………..……………………i
  2. HALAMAN PENGESAHAN 2……………………..……….…………….……ii
MOTO DAN PERSEMBAHAN……………………………………..……..……..……iii
KATA PENGANTAR…………………………………………..………..…………..…iv
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………….v
DAFTAR GAMBAR ..……………………………………………………………...…viii
DAFTAR TABEL .………………………………………………………….……..……ix
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar belakang……………………………………………..………..……………1
  2. Pembatasan masalah ………...……………………………………..……………1
  3. Tujuan prakerin ..………………..………….……………………………………1
  4. Tempat pelaksanaan …...……………..…….……………………………………2
  5. Metode pengumpulan data ……….………..….…………………………………2
BAB II TINJAUAN UMUM
A.    Sejarah perusahaan .…………………….…………...……………………………4
B.   Visi dan misi perusahaan …….…………….……………...………………………5
C.   Filosofi perusahaan ...…………………………………………..…………………5
D.  Struktur perusahaan .…………………………….…………………..……………7
E.   Metode pelayanan ….…………………..…………………………………………9
BABII URAIAN UMUM
  1. Pengertian system pengisian ..……………..….…………………………….…10
  2. Komponen-komponen system pengisian ..………..…...….……………………11
                              1.            Kunci kontak …………………………..………….……………………11
                              2.            Sekering …...……………………………………….…..………………11
                              3.            Lampu tanda pengisian ………….……………....…….….……………11
                              4.            Regulator ……………………….………….……...…..….…….………11
                              5.            Alternator …………………………….…………………….…..………13
                              6.            Baterai ………………………………..……………………...…………17
  1. Type system pengisian ……………..………………………………...………. 18
  2. Pengukuran tegangan dan arus output alternator …………………..…..…….. 20
  3. Penyetelan system pengisian konvensional………….…………….……….… 20
                              1.            Penyetelan tegangan kumparan relay…………….……....….…………22
                              2.            Penyetelan tegangan pengisian ………………….………….……..…  22
  1. Kapasitas dan kode bateray……………………………….….………...………21
  2. Trouble shoting dan cara mengatasinya…………………....………..….…..… 23
  1. Operasi lampu charge tidak normal ….……………….……….………..… ….25
  2. Baterai lemah …………………………………….……………….…..……… 24
  3. Pengisian baterai berlebihan…………………………..………………..………25
  4. Suara tidak normal………………………………………..……….....…………26
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan ……..……………………………...………………………………27
B.     Saran-saran ………….………………………………………………..…..……28
C.     Hambatan ………………………………………………………………………29
DAFTAR PUSTAKA …………………..……………………………………………..30
LAMPIRAN



DAFTAR GAMBAR

Gambar .1 ……………………………………….………………………………………7
Gambar .2 ………………………………………………….……………………………8
Gambar .3 ………………………………………………….……………………………8
Gambar  4………………………………………………….……………………………9
Gambar  5…………………………………………………………...…………………10
Gambar  6…………………………………………………………………...…………11
Gambar  7…………………………………………………………………………...…12
Gambar  8……………………………………………………………………………...13
Gambar  9………………………………………...……………………………………14
Gambar  10……………………………………….……………………………………15
Gambar  11……………………………………….……………………………………16
Gambar  12……………………………………….……………………………………17
Gambar  13……………………………………….……………………………………18
Gambar  14……………………………………….……………………………………19
Gambar  15……………………………………………………………………………22
Gambar  16………………………………………………….…………………………23







DFTAR TABEL

Table 1. ….……………………………………………………………………………22
Table 2. ….……………………………………………………………………………23
Table 3. ….……………………………………………………………………………24
Table 4. ….……………………………………………………………………………25




  
BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar belakang pelaksanaan praktek kerja industry
Pembangunan  mranggen  adalah sekolah  yang  terletak dijalan Kembangarum no. 148 . sekolah yang menghasilkan sumberdaya manusia yang handal dan profesional.
Dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang  handal  dan professional tersebut sehingga semua siswa harus  melaksanakan  prakerin sesuai dengan  kurikulum  pendidikan  saat ini. Selain  itu prakerin   sebagai wujud link and match antara program  pendidikan  sekolah dengan  Industri. sehingga diharapkan  dengan adanya  praktek  kerja industri  tersebut akan  mempercepat ahli teknologi dan penguasaan teknologi yang akan memberi arti positif dalam pembangunan bangsaini
Perkembangan ilmu teknologi dan pengetahuan saat ini semakin berke- mbang dengan di t anda-tandainya  daya cipta  manusia  sebagai  pencetus ilmu yang berkembang pesat dewasa ini bahkan untuk selamanya memiliki prospek yang  cukup cerah. kemajuan  generasi otomotif dapat kita rasakan saat ini.
     Dibidang otomotif  telah nengalami banyak  perkembangan  diantaranya dari segi mesin. untuk peningkatan  tenaga  secara koefisien mesin itu juga banyak  dikembangkan .untuk  segi  lainnya seperti  body, chasis, electrical dan powertrain juga banyak mengalami perkembangan.
Dalam perkembangan sistem kemudi telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan tenaga (power) untuk memperingan pengemudi sehingga meningkatkan kenyamanan pengendara.
B. Pembatasan Masalah
          Untuk membatasi kesalah pahaman pembaca terhadap laporan ini, maka penulis menerapkan beberapa hal. Dengan laporan ini penulis menerapkan beberapa hal. Dalam laporan ini penulis menerangkan tentang uraian umum
C.Tujuan Pelaksanaan prakerin
                                   I.            tujuan khusus
  
Ø  Prakerin ditujukan untuk menambah wawasan dan memperdalam ilmu pengetahuan.
Ø  Prakerin ditujukan untuk memperkenalkan siswa dalam dunia kerja yang sesungguhnya

                              II.          Tujuan umum
1.          memenuhi kewajiban dalam rangka memenuhi salah satu syarat mengikuti ujian akhir sekolah tahun pelajaran 2012.
2.         dapat menyesuaikan dengan teori yang diterima dibangku sekolah dan praktek yang di dapakan didunia industri sebagai tempat penerapan teori tersebut.
3.         dapat menambah ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat serta berhubungan dengan program pendidikan.
4.         memenuhi tugas yang diberikan oleh Bengkel Anugrah Abadi.
D.Tempat dan pelaksanaan
Praktek kerja industry dilaksanakan dalam satu tahap yaitu:
          Dilaksanakan di Bengkel Anugrah Abadi
Dari tanggal 18 januari sampai 19 april 2011

E. Metode Pengumpulan Data
Dalam penyusunan laporan ini telah digunakan beberapa metode sebagaimana yang tertera dibawah ini:
1.      Observasi (pengamatan langsung)
Metode observasi adalah metode pengumpulan data dengan pengamatan secara langsung pada objek yang telah di bahas.
2.      Metode Interview (Wawancara)
Metode interview adalah metode pengumpulan data dengan cara menggunakan media tanya jawab dengan mekanik. Tanya jawab tentang pokok permasalahan yang dikerjakan secara sisitematis dan berdasarkan tujuan pokok bahasan.
3.       Metode Praktek Kerja Industri 
Metode Praktek Kerja Industri adalah metode pengumpulan data dengan cara ikut langsung menangani masalah atau trouble yang berhubungan dengan pokok bahasan.
4.       Metode Literatur
Metode Literatur yaitu metode pengumpulan data dengan cara menggunakan media buku atau bahan-bahan bacaan yang dapat dibenarkan kebenarannya.





















BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
A.       Sejarah perusahaan

          Bermula dari sebuah bengkel  regional di bidang  transportasi darat, dan didirikan di karanggawang pada tahun 1995 oleh Tri Nugroho, bengkelnya yang di beri nama Anugrah Abadi. Pada saat itu dia  memberi nama  Anugrah Abadi agar suatu saat nanti bengkelnya mendapatkan anugrah dari   Allah SWT dan  selamanya akan abadi karena dia mendirikan dengan penuh  kesabaran  dalam berusaha  untuk mencapai semua  cita-citanya  menjadi seorang mekanik handal. Pada tahun 1997 Bengkel yang didirikannya mengalami hambatan kurangnya pelanggan yang datang, jadi bengkel yang dia  dirikan sepi pada  saat itu. Tetapi dia  tidak  pernah putus  asa  dalam membangun  dan mendirikan  bengkel itu  walaupun bengkelnya sepi dia terus menerus berdo’a dan sabar dalam menghadapi cobaan ini. Pada tahun 2000 bengkel yang dia dirikan menjadi besar dan ramai, ketika itu dia membutuhkan karyawan atau mekanik untuk membantu membesarkan bengkelnya itu.
          Saat itu dia mempunyai tiga mekanik yang membantu melayani pengunjung atau   pelanggan yang datang. Jadi pada tahun 2000 sampai sekarang ini bengkel yang di dirikan menjadi besar dan ramai, banyak pengunjung yang datang memperbaiki kendaraan di situ. Karena pelayanan yang dia dan karyawan berikan kepada pelanggan sangat bagus dan memuaskan. Tapi dia tidak menyangka bengkelnya itu bisa besar yang lima tahun dia dirikan penuh dengan kesabaran dan semangat yang dulunya bengkelnya hampir mengalami kerugian yang besar, tapi ternyata bengkel itu menjadi besar sampai sekarang ini.

B.            Visi dan Misi Perusahaan
1.    Visi
        Mencapai keberhasilan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan keadaan bengkel yang lebih maju.
2.    Misi
      Sebagaimana perusahaan lain pada umumnya yaitu memejukan perusahaan agar lebih berkembang pesat dengan melalui peningkatan mutu pelayanan yang maksimal kepada semua pelangganan.
C.           Filosofi
Kepuasan pelangganan adalah komotmen kami
1.      Pelanggan kami adalah pelanggan eksternal dan pelanggan internal termasuk pemilik, atasan maupun sesame karyawan.
2.      Tidak menerima membuat dan meneruskan kesalahan.
3.      Tidak menyimpang dari prosedur.
4.      Tidak merubah atau mengganti spesifikasi.
5.      Tidak melanggar peraturan.
Proaktif, kepedulian dan komunikasi yang baik adalah kebiasaan kami
1.         Bertanya apabila tidak tahuatau ragu-ragu dalam menjalankan tugas.
2.                  Segera mengkomunikasikan dengan pelanggan apabila terjadi masalah.
3.      Memiliki jiwa mau menolong.
4.      Mengambil inisiatif dan tindakan bila melihat hal yang tidak beres.
5.      Melakukan fungsi silang.

Kerja tim adalah kekuatan kami
1.                  Disiplin
2.                  Saling menghargai satu dengan yang lainnya
3.                  Tidak merasa paling penting atau paling pandai
4.                  Tidak meras tidak mampu atau randah diri
5.                  Mengambil keputusan berdasarkan tim
6.                  Berbicara berdasarkan data
Pemasok Distributor dan karyawan adlah mitra kerja kami
1.    Berorientasi pada win-win
2.                  Menghargai pemasok sebagai mitra kerja
D.     Struktur Organisasi Bengkel Anugrah Abadi
     Sebagai badan usaha yang berstatus hukum, Anugrah Abadi memiliki susunan kepengurusan organisasi yang rapid dan systimatis untuk mengatur jalannya perusahaan.
Dalam rangka menuju tujuan organisasi dengan kinerja yang efektif dan efisien, Anugrah Abadi memiliki organisasi sebagai berikut

 









Gambar 1. Bagan Struktur Organisasi Bengkel Anugrah Abadi
Struktur Organisasi Bengkel Anugrah Abadi Departemen Teknik
PIMPINAN BENGKEL
TRI NUGROHO
 







Gambar 2. Bagan struktur Organisasi Bengkel Anugrah Abadi Di partemen Teknik




Lokasi dan Denah Bengkel Anugrah Abadi

Text Box: JL. KaranggawangText Box: JL. DologText Box: JL. Kyai ParanText Box: JL. Kalitengah
 

                                               BENGKEL MOBIL

    PT WOODLAND            ANUGRAH ABADI        PABRIK SU                           MASJID

                              



Gambar 3. Lokasi dan Denah Bengkel Anugrah Abadi

Tata Ruang Bengkel Anugrah Abadi









Gambar 4. Tata Ruang Bengkel Anugrah Abadi

E.     Metode pelayanan service
Pelayanan Service Kendaraan yang masuk ke bengkel di atur secara otomatis dan efisien agar pelayanan yang cepat dan baik dapat tercapai.

 












BAB III
URAIAN UMUM

A.            Sistem Pengisian ( Charging System )
Fungsi battery pada auto mobile adalah untuk mensuplay kebutuhan listrik pada sistem yang membutuhkan energi listrik pada mobil tersebut seperti motor starter, sistem kelistrikan body dan acsesories kendaraan yang membutuhkan energi listrik. Namun demikian, kapasitas battery sangatlah terbatas, sehingga tidak akan dapat mensuplay tenaga listrik secara terus menerus. Battery harus selalu terisi penuh agar dapat mensuplai kebutuhan energi listrik pada saat dibutuhkan. Oleh karena itu, pada mobil diperlukan sistem pengisian yang akan memproduksi listrik agar battery selalu terisi penuh.
Gambar 5. Sistem Pengisian
Sistem pengisian ( Charging sistem ) akan memproduksi energi listrik untuk mengisi kembali battery dan mensupley energi listrik ke sistem-sistem kelistrikan kendaraan pada saat mesin dihidupkan. Sebagian besar mobil dilengkapi dengan alternator sebagai penghasil arus bolak balik yang lebih baik dari pada dynamo yang menghasilkan arus searah dalam hal tenaga listrik yang dihasilkan maupun daya tahannya. Mobil yang memakai arus searah jika menggunakan alternator pada pengisiannya, arus bolak balik yang dihasilkan alternator  harus disearahkan dulu sebelum dipakai.
Toyota Kijang 3K menggunakan sistem pengisian type kontak point (type konvensional).

Gambar 6. System Pengisian Toyota Kijang 3K
B.     Komponen-komponen
Komponen-komponen sistem pengisian pada Toyota Kijang 3K  meliputi :
    1.   Kunci kontak                                                                                        
Kunci kontak berfungsi untuk memutus dan menghubungkan arus dari battery kesistem pengisian.
    2.   Sekering
Sekering berfungsi untuk mengamankan sistem pengisian  jika terjadi hubungan pendek atau konsleting.
    3.   Lampu tanda pengisian
Lampu tanda pengisian berfungsi sebagai tanda bekerjanya sistem pengisian pada kendaraan.
    4.   Regulator
Tegangan listrik dari alternator tidak selalu constant hasilnya karena hasil listrik alternator tergantung dari pada kecepatan putaran motor. Makin cepat putarannya makin besar hasilnya demikian pula sebaliknya.regulator bekerja dengan cara menambah atau mengurangi arus listrik yang masuk ke rotor coil, sehingga hasil pada stator coilpun akan terpengaruhi. Jadi hasil alternator sangat dipengaruhi oleh adanya arus listrik yang masuk kerotor coil.
Fungsi regulator adalah mengatur besar arus listrik adalah mengatur besar kecilnya tegangan output alternator, selain itu juga berfungsi untuk mematikan lampu tanda pengisian ( lampu tanda pengisian akan secara otomatis mati apabila alternator sudah menghasilkan arus listrik)
Ada dua tipe regulator yaitu tipe point dan tipe tanpa point juga disebut IC regulator karena terdiri dari Integrated Circuit.
Gambar 7. Regulator Tipe Kontak Point
            Ada pun ciri-ciri IC regulator yang dibuat jadi satu alternator adalah sebagai berikut :
a)      Ukurannya kecil dan output-nya tinggi.
b)      Tidak diperlukan penyetelan voltage (tegangan).
c)      Mempunyai sifat kompensasi temperature untuk control tegangan yang dimiliki oleh pengisian batrai dan suplay ke lampu-lampu.


Gambar 8.  IC Regulator tipe M


5.        Alternator
Alternator berfungsi untuk mengubah energi mekanik yang didapat dari mesin menjadi energi listrik. Energi mekanik dari mesin disalurkan sebuah puli yang memutarkan rotor dan menghasilkan arus listrik bolak-balik pada stator, arus listrik bolak-balik ini kemudian diubah menjadi arus searah oleh diode sebelum digunakan oleh komponen-komponen kendaraan yang membutuhkan ataupun untuk mengisi baterai kendaraan.
Komponen utama alternator adalah : rotor yang menghasilkan medan magnet listrik, stator yang menghasilkan arus listrik bolak balik, dan beberapa diode yang menyearahkan arus.






Gambar 9. Alternator
Komponen-komponen tambahan lain adalah : sikat-sikat yang mensuplay arus listrik ke rotor untuk menghasilkan ke magnetan (medan Magnet), bearing-bearing yang memungkinkan rotor dapat berputar lembut dan sebuah kipas untuk mendinginkan rotor, stator dan diode.

Konstruksi alternator bagian-bagiannya terdiri dari :
a.       Puli (pully)
Puli berfungsi untuk tempat tali kipas penggerak rotor.
b.      Kipas (fan)
Fungsi kipas untuk mendinginkan diode dan kumparan-kumparan pada alternator.

c.       Rotor
Rotor merupakan bagian yang berputar dalam alternator  yang berfungsi untuk menghasilkan kemagnetan. Rotor tersusun dari inti kutub magnet (pole core), Field coil (rotor koil), slip ring dan rotor shaft yang ditumpu oleh dua buah bearing pada bagian depandan belakangnya. Field coil tersebut digulung dengan cara penggulungan yang arahnya sama dengan putarannya, dan masing-masing ujungnya dihubungkan pada slip ring,. Garis gaya magnet akan timbul pada saat arus mengalir, kuku-kuku sebagai penutup field coil yang terdapat pada rotor berfungsi sebagai kutub-kutub magnet, salah satu kutub menjadi kutub N dan yang lain menjadi kutub S. Pada rotor terdapat slipring  dibuat dari logam baja putih (stainless stell) dengan permukaan yang berhubungan dengan brush dan dikerjakan sangat halus yang berfungsi untuk mengalirkan arus ke field coil. 






Gambar 10. Rotor
d.       Stator
Stator merupakan bagian diam dari alternator yang terdiri dari tiga kumparan yang pada salah satu ujung-ujungnya dijadikan satu pada gambar konstruksi kumparan stator disebut hubungan “Y” atau bintang tiga bagian-bagian yang menjadi satu adalah pusat kumparan dan bagian ini disebut titik netral (neutral point) atau biasa disebut dengan terminal “N” pada tiga bagian ujung lainnya akan menghasilkan arus bolak-balik (AC) tiga fase. Stator terdiri dari inti magnet sebagai saluran garis-garis gaya magnet dan kumparan, bagian depan dan belakang dipasang frame sebagai pelindung. Gulungan terdiri dari kawat tembaga yang dilapisi dengan lapisan tipis yang bersifat isolator.









Gambar 11. Stator
e.       Rectifier (dioda)
Pada diode holder terdapat tiga buah diode positif dan tiga buah diode negative. Arus yang dibangkitkan oleh alternator dialirkan dari diode holder pada posisi positif sehingga terisolasi dari end frame. Selama proses penyearah, diode menjadi panas sehingga diode holder bekerja meradiasikan panas ini dan mencegah diode menjadi terlalu panas.  Diode dihubungkan dengan Ketiga ujung gulungan stator . Pada model yang lama terdapat dua bagian yang terpisah antara diode positif (+) dan diode negative (-). Bagian positif (+) mempunyai rumah yang lebih besar dari pada yang negative (-). Selain perbedaan tersebut ada lagi perbedaan lainnya yaitu strip merah untuk diode positif dan strip hitam untuk diode negative. Fungsi diode adalah menyearahkan arus bolak-balik (AC) yang dihasilkan oleh stator coil menjadi arus searah (DC). Selain itu juga mencegah arus balik dari battrei ke alternator.









Gambar 12.  Dioda (Rectifier)
f.       Frame
Frame mempunyai dua fungsi yaitu sebagai pendukung rotor dan sebagai pemegang dengan mesin, kedua frame mempunyai beberapa saluran udara untuk meningkatkan kemampuan pendinginan.
6.                  Baterai
Battery adalah alat elektro kimia yang dibuat untuk mensuplai tenaga listrik ke sistem kalistrikan yang ada pada kendaraan. Alat ini menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Yang dikeluarkannya bila diperlukan dan mensuplainya ke masing-masing sistem kelistrikan atau alat yang memerlukannya. Karena didalam proses battery kehilangan energi kimia maka alternator mensuplainya kembali kedalam bettrey (yang disebut sistem pengisian) battery menyimpan energi listrik kedalam energi kimia. Siklus pengisian dan pengeluaran ini terjadi berulang kali secara terus-menerus.









Gambar 13. Baterai (Aki)

C.    Type Sistem Pengisian
Ada beberapa macam type sistem pengisian yang diterapkan pada mobil antara lain :
1.          Sistem pengisian type regulator dengan dua poin ( type konvensional )
Sistem ini menggunakan  regulator dengan dua titik kontak untuk mengatur tengangan output yang dihasilkan alternator dan mematikan lampu pengisian. Pada sistem pengisian type konvensional tenaga listrik yang diperlukan rotor alternator untuk membentuk garis gaya magnet dialirkan dari terminal F. tenaga listrik ini diatur (naik dan turun) oleh regulator sesuai tegangan pada terminal B. lampu pengisian menyala atau mati berdasarkan tegangan yang dihasilkan dari terminal N. Kemudian apabila arus dari terminal IG terputus arus tidak akan mengalir ke rotor dan akibatnya alternator tidak dapat membangkitkan arus. Alternator akan tetap berfunggsi meskipun lampu indicator pengisian terputus.
Cara kerja sistem pengisian type konvensional

a.       Saat kunci kontak ON mesin mati




Gambar 14. Cara kerja saat kunci kontak ON mesin mati
Bila kunci kontak ON, maka arus dari battery akan mengalir kerotor dan merangsang rotor coil sehingga menimbulkan medan magnet. Pada saat itu arus battery juga mengalir ke lampu pengisian dan lampu akan menyal

b.      Saat mesin hidup kecepatan rendah sampai sedang
Setelah mesin hidup dan rotor berputar pada stator coil akan timbul tegangan yang dikeluarkan melalui terminal B dan N alternator. Tegangan terminal N dialirkan ke voltage relay sehingga lampu charge akan mati. Pada saat itu tegangan output dari terminal B bekerja pada voltage regulator. Arus field pada rotor diatur (naik dan turun) sesuai dengan tegangan output terminal B yang bekerja pada Voltage regulator. Jadi, tergantung pada kondisi PL0 arus field akan mengalir atau tidak mengalir melebihi resistor ( R )
c.       Saat mesin hidup kecepatan sedang sampai tinggi
Bila putaran mesin diaikkan tegangan yang dihasilkan oleh stator coil akan naik, dan gaya tarik medan magnet pada voltage regulator menjadi kuat. Dengan gaya tarik yang semakin kuat arus field yang mengalir kerotor coil akan terputus-putus dengan kata lain lidah titik kontak ( moving point ) PL0 pada voltage regulator secara terputus putus berhubungan dengan PL2.
Bila moving point PL0 berhubungan dengan PL2 maka arus field coil akan terputus. Akan tetapi, titik P0 dari voltage relai tidak akan terpisah dari titik kontak P2 karena tegangan netral masih ada pada garis gaya magnet yang tersisa  pada rotor

D.    Pengukuran Tegangan Dan Arus Output Alternator
Pengukuran tegangan maupun arus output alternator dilakukan saat mesin hidup dengan menggunakan voltmeter untuk mengukur tegangan dan amperemeter untuk mengukur arus. Penggunaan voltmeter dipasang paralel dengan battery sedangkan penggunaan amperemeter dipasang seri dengan battery.




E.     Penyetelan sistem pengisian konvensional
Tegangan kerja sistem pengisian harus dipertahankan besarnya sesuai dengan sepesifikasi pabrik, hal ini dimaksudkan agar kondisi battery selalu penuh dan mencegah rusaknya komponen-komponen kelisrikan akibat tegangan pengisian terlalu besar. Oleh karena itu, perlu pemeriksaan dan penyetelan secara khusus terhadap hasil (output) alternator. Penyetelan yang dilakukan pada sistem pengisian konvensional adalah sebagai berikut :
1.          Penyetelan tegangan kumparan relay
Kumparan relay mendapat arus dari terminal N alternator dan berfungsi untuk memetikan lampu tanda pengisian serta menyuplai arus  ke kumparan pengatur tegangan (voltage regulator)
Seperti telah diketahui bahwa matinya lampu tanda pengisian menunjukkan bahwa tegangan yang dihasilkan alternator sudah mencapai tegangan pengisian. Dalam hal ini battery mendapat suplay arus dari alternator. Ada kalanya lampu tanda pengisian sudah mati akan tetapi tegangan pengisian belum mencapai tegangan minimal, keadaan ini disebabkan lemahnya tegangan karja pada kumparan relay. Kumparan relay dapat disetel dengan membengkokkan lengan penyetel keatas.




2.          Penyetelan tegangan pengisian
Apbila tegangan kumparan relay sudah sesuai dengan spesifikasi maka yang perlu diperiksa selanjutnya adalah tegangan pengisian (voltage regulator). Tegangan pegisian harus selalu dalam batas spesifikasi baik pada putaran rendah maupun putaran tinggi. Untuk sistem pengisian dengan alternator biasanya pada putaran rendah (idle) sudah mulai mengisi yang ditandai denga matinya lampu tanda pengisian. Pada waktu putaran mesin diaikkan maka tegangan pengisian berada dibawah standar, maka lengan penyetel dapat disetel dengan membengkokkannya keatas.
F.     KAPASITAS DAN KODE BATTERY
Kapasitas baterai adalah jumlah listrik yang disimpan baterai yang dapat dilepaskan sebagai sumber daya listrik. Kapasitas baterai dinyatakan dalam amper am (AH) sebagai berikut.
Ah = A (amper) x h (Jam)
Kapasitas baterai berubah tergantung kondisi pengeluarannya. JIS mendefinisikan kapasitas yaitu jumlah listrik yang dilepaskan sampai tegangan pengeluaran akhir menjadi 10,5 V dalam 5 jam. Sebagai contoh, baterai dalam keadaan terisi penuh dikeluarkan muatannya secara terus menerus 5,6 amper selama 5 jam sampai mencapai tegangan 10,5 V maka kapasitas baterai adalah 28 Ah ( 5,6 A x 5 jam).
Gambar 15. Kode pengenal baterei tipe 1
Tabel 1. Kode pengenal baterei tipe 1
Tipe
Kapasitas (Ah)
Dimensi (mm)
Posisi terminal
1


2


3


4

Pj
Lbr
T
TT
N
70


70
305
173
204
226
N
70

L
70
N
70
Z

75
Ns
40


32
187
129
202
227
Ns
40

L
32
Ns
40
Z

35





Gambar 16. Kode pengenal baterai tipe 2
Tabel 2. Kode pengenal baterai tipe 2

Kode pengenal battrey
Kapasitas
 (pada 5 jam)
Kode pengenal battrey
Kapasitas
 (pada 5 jam)
28 B 17 R/L
24
65 D 26 R/L
52
34 B 17 R/L
27
75 D 26 R/L
52
28 B 19 R/L
24
80 D 28 R/L
55
34 B 19 R/L
27
65 D 31 R/L
56
36 B 20 R/L
28
75 D 31 R/L
60
38 B 20 R/L
28
95 D 31 R/L
64
48 B 24 R/L
36
95 E 41 R/L
80
50 B 24 R/L
36
105 E 41 R/L
83
55 B 24 R/L
36
115 E 41 R/L
88
32 C 24 R/L
32
130 E 41 R/L
92
50 C 20 R/L
40
115 F 51
96
55 D 23 R/L
48
150 F 51
108
65 D 23 R/L
52
145 F 51
112
48 D 26 R/L
40
170 F 51
120
55 D 26 R/L
48












     F.            TROUBLESHOOTING PADA SISTEM PENGISIAN TOYOTA KIJANG 3K DAN CARA MENGATASINYA
Troubleshooting pada sistem pengisian tidak dapat dihindari. Troubleshooting tersebut disebabkan karena kerusakan komponen pada sistem pengisian yang disebabkan adanya gesekan, temperatur yang tinggi, umur komponen yang sudah tua, atau goncangan pada saat penggunaan penggunaan kendaraan.
Gangguan-gangguan yang sering terjadi pada sistem pengisian dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut.



1.        Operasi lampu charge tidak normal
NO
GANGGUAN
KEMUNGKINAN SEBAB
CARA MENGATASI
1
Lampu warning charge tidak menyala saat kunci kontak ON
a. Sekering terbakar atau kontak sirkuit lampu charge tidak baik
Perbaiki atau ganti
b. Konektor regulator longgar atau rusak
Perbaiki
c. Bola lampu warning charge putus
Ganti
d.Terjadi hubungan singkat pada dioda positif alternator
Perbaiki atau ganti
2
Lampu charge tidak mati setelah mesin hidup
a.    Drive belt rusak atau slip
Setel atau ganti
b.    Sekering IG rusak atau kontaknya tidak baik
Perbaiki atau ganti
c.    Tegangan terminal B kurang dari ketentuan (13,8 V-14,8 V)
Perbaiki atau ganti alternator
d.   Voltage relay regulator rusak 
Ganti regulator
e.    Sirkuit terminal N terbuka
Perbaiki
f.     Tegangan output terminal N tidak sesuai ketentuan (setengah tegangan output)
Perbaiki atau ganti alternator
g.    Tidak ada sirkuit terminal IG regulator terbuka
Perbaiki ganti
3
Lampu charge menyala redup saat mesin berputar
a.    Sekering pada sirkuit lampu charge putus atau kontak sekering tidak baik.
Perbaiki atau ganti
b.    Tahanan antara terminal B dan IG kunci kontak terlalu besar
Perbaiki atau ganti
4
Pada saat mesin hidup kadang-kadang lampu charge menyala
a.  Konektor alternator dan regulator longgar atau tidak baik
Perbaiki
b.  Regulator rusak
Ganti regulator
Tabel 3 . Troubleshooting
                  Lampu charge


           
2.        Baterai lemah (kosong)
Masalah ini terjadi bila alternator tidak dapat membangkitkan arus yang cukup untuk pengisian baterai. Akibatnya mesin tidak dapat distart dengan motor starter dan lampu-lampu menyala tidak terang. Akan tetapi karena alternator nasih dapat mambangkitkan arus sedikit maka lampu charge akan mati setelah mesin hidup.
Beberapa kemungkinan alternator tidak dapat membangkitkan arus yang cukup untuk pengisian dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

NO
KEMUNGKINAN SEBAB
CARA MENGATASI
1
Terminal baterai kotor
Bersihkan
2
Drive belt kendor atau rusak
Setel atau ganti
3
Kerusakan pada alternator atau regulator
Perbaiki atau ganti








Tabel  4. Troubleshooting
                  Baterai tidak terisi






3.        Pengisian Baterai Berlebihan
Pengisian yang berlebihan ditandai dengan baterai yang terlalu cepat perlu ditambahkan elektrolitnya. Juga cahaya lampu besar yang berubah-ubah mengikuti Rpm mesin. Masalah ini disebabkan oleh tegangan standar regulator (output alternator). Bila output alternator melebihi spesifikasi, pengisian baterai akan terlalu tinggi ini menyebabkan beterai panas dan elektrolit cepat habis.  Selanjutnya bila putaran mesin terlalu tinggi akan mengalir arus yang berlebihan kelampu besar dan menyababkan lampu bersinar semakin terang. Bila arus ke lampu kepala terlalu tinggi, pada akhirnya lampu akan mati. Troubleshooting pada kasus ini memerlukan pengukuran pada tegangan output alternator dan memeriksa/menyetel regulator.

4.        Suara tidak normal
Suara-suara tidak normal sering terdapat pada alternator, ada dua jelis suara yang berlainan dan harus dipastikan sebelum melakukan perbaikan yaitu :
a.    Suara mekanisme yang disebabkan drive belt slip pada puli alternator atau bearing yang sudah rusak.
b.    Suara resonansi magnet, ini mungkin disebabkan oleh adanya short pada stator coil atau dioda yang rusak. Bila terjadi resonansi magnet akan sering terjadi radio static seirama dengan putaran mesin.
Selain masalan yang disebabkan oleh longgarnya drive belt, perlu dilakukan pembongkaran alternator dan memeriksa bagian-bagiannya serta memperbaikinya bila dibutuhkan










                                                        


BAB IV
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Melalui usaha dan keinginan semua ini guna penyusunan laporan yang merupakan tugas dan kuwajiban kami, disamping do’a yang selalu kami panjatkan kepada tuhan yang maha esa hingga karya tulis ini terselesaikan dengan baik.
Dengan ini siswa mendapatkan :
1.    Siswa dapat memiliki keahlian kerja yang baik dengan sarana dan prasarana yang secukupnya.
2.    Siswa mempunyai gambaran bahwa bekerja di dunia industry membutuhkan kedisiplinan yang lebih dibandingkan dengan kedisiplinan yang ada di sekolah.
3.    Menjadikan siswa mengerti bagaimana menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan professional.
Dalam menyusun laporan penulis sadari bahwa banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan karena pengalaman dan pengetahuan yang terbatas dan masih memerlukan bimbingan.





B.   Saran-saran
Ø  Tingkatkan dalam mengelola perusahaan agar perusahaan agar menjadi perusahaan yang lebih baik dari sebelumnya.
Ø  Tingkatkan dalam melayani konsumen agar perusahaan berkembang semakin pesat dan produk-produk yang dijual semakin banyak peminatnya.












C.   HAMBATAN
Dalam pelaksanaan prakerin ini, penulis menemui hambatan sebagai berikut:
1.    Tempat Prakerin yang jauh
2.    Keterbatasan waktu prakerin
3.    Alat-alat bengkel yang kurang lengkap











DAFTAR PUSTAKA
Google search, perawatan dan perbaikan system pengisian. September 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar