Translate

Senin, 05 Desember 2011

laporan dh

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
 “PERWATAN DAN PERBAIKAN SISTIM PENDINGIN PADA MOBIL TOYOTA SOLUNA”
DI PT CENTRIS MULTIPERSADA

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhwLDJjduiCwNqN8r5NmBur9bHPGWevwdPqknxF4jHH6dGldQXvnmt1XYsN98lksLCnxyJiHBYI4rcYMXJwHATlVuCL4zKVnFEIp4rTCAd6dUKFbSamyLh49TgVZZnhF7S3ShTV0YIouxE/s1600/wui.jpg


Di susun untuk melengkapi tugas dalam Praktek Kerja Industry
Dan memenuhi syarat mengikuti Ujian Akhir Nasional

Disusun Oleh:
Nama : M. Dhofir
NIS :
Kelas : II Teknik Mekanik Otomotif

Program studi keahlian teknik otomotif
Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Mranggen
2011
 PENGESAHAN
SMK PEMBANGUNAN MRANGGEN

   
Laporan kerja praktek industri ini telah di setujui oleh pembimbing dan disahkan pada :
Hari/tanggal :
tempat          : SMK Pembangunan

Mengetahui,

Ketua kompetensi keahlian                                                                  Guru pembimbing
   Teknik kendaraan ringan


   Bowo SPd                                                                                                            Bowo,S.Pd


Mengetahui,
Kepala SMK Pembangunan Mranggen


Drs Asmu’i







PERSETUJUAN
PT CENTRIS MULTIPERSADA


Laporan Praktik Kerja Indrustri ini telah di setujui oleh pembimbing dan disahkan pada :

 Hari/tanggal :
 Tempat        : PT Centris Multipersada





Mengetahui,

PT Centris Multipersada                                                             Pembimbing industri


BONI                                                                                                  BUDI






         


Motto dan Persembahan
Motto
·        Jika ada kemauan pasti ada jalan.
·         Jangan cepat merasa puas dengan hasil yang sudah diraih.
·        Tiada kata menyerah sebelum mencoba.

Persembahan
·        Allah SWT.
·        Kedua orang tua.
·        Guru pembimbing.
·        Pembimbing Industri PT Centris Multipersada.
·         Teman – teman yang telah memberikan dukungan.
·         Semua pihak yang telah membantu penulisan laporan ini.


                     
                        







KATA PENGANTAR

            Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan berkat dan hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan ini sebagai pelengkap praktek kerja industry.
            Perkenankan dalam kesempatan yang baik ini, penulis sampaikan laporan dari pelaksanaan  prakerin mengingat begitu luas dan banyaknya pekerjaan ang dilakukan di bengkel. Maka pada kesempatan ini penulis mengankat salah satu topic pekerjaan yaitu “perawatan dan perbaikan sistim pendingin pada mobil Toyota soluna”
            Tidak lupa penulis mengucapkan terimakasih banyak kepada
1.         Drs Asmu’I selaku kepala SMK Pembangunan Mranggen.
2.         Bowo S.Pd selaku pembimbing sekolah.
3.         Boni selaku kepala bengkel.
4.         Mekanik PT Centris Multipersada.
5.         Semua pihak yang telah membantu dalam menyusun laporan ini yang mungkin tidak dapat penulis sebutkan namanya satu persatu.
Penulis menyadari laporan prakerin ini jauh dari sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun kepada pembaca semua untuk menyempurnakan laporan prakerin ini.
Besar harapan penulis, laporan ini dapat berman faat bagi kiata semua dan penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan yang ada atas pehatiannya penulis mengucapkan terima kasih.




Mranggen, September 2011


Penyusun                    





DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
  1. HALAMAN PENGESAHAN1…………………..………………………………i
  2. HALAMAN PENGESAHAN 2…………………………………...……….……ii
MOTO DAN PERSEMBAHAN…………………………………………………..……iii
KATA PENGANTAR………………………………………………………………..…iv
DAFTAR ISI……………………………………………………………….…………….v
DAFTAR GAMBAR ..………………………………………………………….…..…viii
DAFTAR TABEL .………………………………………………………..……………ix
BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar belakang……………………………………..………………..……………1
  2. Pembatasan masalah ....…...……………………………………………..………1
  3. Tujuan prakerin ..………………………………………………………...………1
  4. Tempat pelaksanaan …...………………………………...………………………2
  5. Metode pengumpulan data ……….…………………………………...…………2
BAB II TINJAUAN UMUM
A.    Sejarah perusahaan .…………………….………………………...………………4
B.   Visi dan misi perusahaan …….…………….……………………………...………5
C.   Filosofi perusahaan ...………………………………………………………...……5
D.  Struktur perusahaan .…………………………….………………………...………7
E.   Metode pelayanan ….…………………..……….………………………..………8
BAB III URAIAN UMUM
  1. Alasan diperlukannya system pendingin……………………………………….9
  2. Macam-macam sitem pendingin……………………………………………….10
  3. Proses pendinginan pada mesin……………………………………………..12
  4. Bagian-bagian system pendingin air……………………………………………12
BAB IV MATERI KEGIATAN PRAKERIN
  1. Pemeriksaan dan Penggantian Media Pendingin...............................................21
a.      Pemeriksaan kapasitas media pendingin.....................................................21
b.    Pemeriksaan dan penggantian kualitas media pendingin………………………21
  1. Pelepasan, Pemeriksaan dan Penggantian Pompa Air.....................................21
BAB V PENUTUP
  1. Kesimpulan …………………………………………………………………….28
  2. Saran-saran …………………………………………………………………….28
  3. Hambatan …………………………………………………………………………29
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………….30
LAMPIRAN












DAFTAR GAMBAR

Gambar 1 …………………………………………………………..……………………6
Gambar 2 …………………………………………………………..……………………7
Gambar 3 …………………………………………………………..……………………7
Gambar 4 ………………………………………………………………………………..8
Gambar 5 ……………………………………………………………….………………11
Gambar 6 …………………………………………………………….…………………11
Gambar 7 ……………………………………………………………………………….12
Gambar 8 …………………………………………………………………….…………13
Gambar 9 ……………………………………………………………………………….14
Gambar 10 ………………………………………………………………..…………….15
Gambar 11………………………………………………………...…………………….15
Gambar 12……………………………………………………………………...……….16
Gambar 13………………………………………………………………..……………..17
Gambar 14………………………………………………………………………..……..18
Gambar 15……………………………………………………………………….……..18
Gambar 16………………………………………………………………………...……19
Gambar 17 ……………………………………………………………………………..19
Gambar 18 ………………………………………………………………………….….20
Gambar 19 ………………………………………………………………………..……23
Gambar 20 ……………………………………………………………………………..23
Gambar 21 ……………………………………………………………………..………23
Gambar 22 …………………………………………………………………………….23
Gambar 23 ……………………………………………………………………………24
Gambar 24 ……………………………………………………………………………24
Gambar 25 …………………………………………………………………………..25
Gambar 26 ……………………………………………………………………………25
Gambar 27 ……………………………………………………………………………26
Gambar 28 ……………………………………………………………………….27
 BAB I
PENDAHULUAN
A.                Latar Belakang Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
         SMK  Pembangunan  mranggen  adalah sekolah  yang  terletak dijalan Kembangarum no. 148 mranggen . sekolah yang menghasilkan sumberdaya manusia yang handal dan profesional.
         dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang  handal  dan professional tersebut sehingga semua siswa harus  melaksanakan  prakerin sesuai dengan  kurikulum  pendidikan  saat ini. Selain  itu prakerin   sebagai wujud link and match antara program  pendidikan  sekolah  dengan  Industri. sehingga diharapkan  dengan adanya  praktek  kerja industri  tersebut akan mempercepat ahli teknologi dan penguasaan teknologi yang akan memberi arti positif dalam pembangunan bangsa ini.
        perkembangan ilmu teknologi dan pengetahuan saat ini semakin berke- mbang dengan di t anda-tandainya  daya cipta  manusia  sebagai  pencetus ilmu yang berkembang pesat dewasa ini , bahkan untuk selamanya memiliki prospek yang  cukup cerah. kemajuan  generasi otomotif dapat  kita rasakan saat ini.
       dibidang otomotif  telah nengalami banyak  perkembangan  diantaranya dari segi mesin. untuk  peningkatan  tenaga  secara koefisien mesin itu juga banyak  dikembangkan .untuk  segi  lainnya  seperti  body, chasis, electrical dan powertrain juga banyak mengalami perkembangan.
      Dalam perkembangan sistem kemudi telah dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan tenaga (power) untuk memperingan penge- mudi sehingga meningkatkan kenyamanan pengendara.
B. Pembatasan Masalah
            Untuk membatasi kesalah pahaman pembaca terhadap laporan ini, maka penulis menerapkan beberapa hal. Dengan laporan ini penulis menerapkan beberapa hal. Dalam laporan ini penulis menerangkan tentang uraian umum
C.Tujuan Pelaksanaan prakerin
                                   I.            tujuan khusus
  
Ø  Prakerin ditujukan untuk menambah wawasan dan memperdalam ilmu pengetahuan.
Ø  Prakerin ditujukan untuk memperkenalkan siswa dalam dunia kerja yang sesungguhnya

                              II.          Tujuan umum
1.          memenuhi kewajiban dalam rangka memenuhi salah satu syarat mengikuti ujian akhir sekolah tahun pelajaran 2012.
2.        dapat menyesuaikan dengan teori yang diterima dibangku sekolah dan praktek yang di dapakan didunia industri sebagai tempat penerapan teori tersebut.
3.        dapat menambah ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat serta berhubungan dengan program pendidikan.
4.        memenuhi tugas yang diberikan oleh PT Centris Multipersada
D. Tempat dan pelaksanaan
Praktek kerja industry dilaksanakan dalam satu tahap yaitu:
          Dilaksanakan di PT. centris Multipersada
Dari tanggal 18 januari sampai 19 april 2011

E. Metode Pengumpulan Data                                                            
Dalam penyusunan laporan ini telah digunakan beberapa metode sebagaimana yang tertera dibawah ini:
1.      Observasi (pengamatan langsung)
Metode observasi adalah metode pengumpulan data dengan pengamatan secara langsung pada objek yang telah di bahas.
2.   Metode Interview (Wawancara)
Metode interview adalah metode pengumpulan data dengan cara menggunakan media tanya jawab dengan mekanik. Tanya jawab tentang pokok permasalahan yang dikerjakan secara sisitematis dan berdasarkan tujuan pokok bahasan.
3.       Metode Praktek Kerja Industri 
Metode Praktek Kerja Industri adalah metode pengumpulan data dengan cara ikut langsung menangani masalah atau trouble yang berhubungan dengan pokok bahasan.
4.       Metode Literatur
Metode Literatur yaitu metode pengumpulan data dengan cara menggunakan media buku atau bahan-bahan bacaan yang dapat dibenarkan kebenarannya.






















BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

A.       Sejarah perusahaan
PT Centris multipersada didirikan oleh P PABRI (Persatuan Perwira Angkatan Bersenjata Republik Indonesia) pada tahun 1991 yang terletak dijalan pedurungan semarang.
PT Centris Multipersada merupakan pusat perbaikan dari taksi semarang city .
PT Centris Multipersada ini mempunyai kurang lebih 20 karyawan. Dengan jumlah mekanik 6 termasuk kepala bengkel. PT Centris multi persada melayani pelanggan setiap hari senin sampai sabtu dan jam kerja mulai pukul 06.30-04.00 WIB.

B.            Visi dan Misi Perusahaan
1.    Visi
        Mencapai keberhasilan dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan keadaan bengkel yang lebih maju.
2.    Misi
      Sebagaimana perusahaan lain pada umumnya yaitu memejukan perusahaan agar lebih berkembang pesat dengan melalui peningkatan mutu pelayanan yang maksimal kepada semua pelangganan.
C.           Filosofi
Kepuasan pelangganan adalah komotmen kami
1.      Pelanggan kami adalah pelanggan eksternal dan pelanggan internal termasuk pemilik, atasan maupun sesame karyawan.
2.      Tidak menerima membuat dan meneruskan kesalahan.
3.      Tidak menyimpang dari prosedur.
4.      Tidak merubah atau mengganti spesifikasi.
5.      Tidak melanggar peraturan.
Proaktif, kepedulian dan komunikasi yang baik adalah kebiasaan kami
1.         Bertanya apabila tidak tahuatau ragu-ragu dalam menjalankan tugas.
2.                  Segera mengkomunikasikan dengan pelanggan apabila terjadi masalah.
3.      Memiliki jiwa mau menolong.
4.      Mengambil inisiatif dan tindakan bila melihat hal yang tidak beres.
5.      Melakukan fungsi silang.         
Kerja tim adalah kekuatan kami
1.                  Disiplin
2.                  Saling menghargai satu dengan yang lainnya
3.                  Tidak merasa paling penting atau paling pandai
4.                  Tidak meras tidak mampu atau randah diri
5.                  Mengambil keputusan berdasarkan tim
6.                  Berbicara berdasarkan data
Pemasok Distributor dan karyawan adalah mitra kerja kami
1.    Berorientasi pada win-win
2.                  Menghargai pemasok sebagai mitra kerja
Struktur Organisasi PT Centris Multipersada
      Sebagai badan usaha yang berstatus hukum, PT Centris Multipersada memiliki susunan kepengurusan organisasi yang rapid dan systimatis untuk mengatur jalannya perusahaan.
Dalam rangka menuju tujuan organisasi dengan kinerja yang efektif dan efisien, PT Centris Multipersada memiliki organisasi sebagai berikut

 





Gambar 1. Bagan Struktur Organisasi PT Centris Multiprsada






DIREKTUR    BONI
 
Struktur Organisasi PT Centris Multipersada Departemen Teknik

 












Gambar 2. Bagan struktur Organisasi PT Centris Multipersada Di partemen Teknik
Lokasi dan Denah PT Centris Multipersada
Text Box: JL. MAN !
STEKOM
 
LOKASI
 
SPBU
 
 




PWD                                                                                                                                                                                                      SMG
 
                      
Text Box: JL. Taman Majapahit II
 

                                   
Gambar 3. Lokasi dan Denah PT Centris Multipersad
Tata Ruang PT Centris Multipersada
Text Box: CUCI MOBILText Box:       Pintu Gerbang 









                                                Gambar 4. Tata Ruang PT Centris Multipersada
Metode pelayanan service
Pelayanan Service Kendaraan yang masuk ke bengkel di atur secara otomatis dan efisien agar pelayanan yang cepat dan baik dapat tercapai.
 





BAB III





BAB III
URAIAN UMUM

1.      Alasan Diperlukannya Sistem Pendingin Mesin
Menurut neraca panas, pada motor bakar hanya akan diperoleh sekitar 25 persen hasil pembakaran bakar yang dapat diubah menjadi energi mekanik. Sebagian besar panas akan keluar melalui gas buang (kira-kira 34 persen), melalui sistem pendinginan (kira-kira 32 persen) dan sisanya akan melalui kerugian pemompaan dan gesekan.
Berdasarkan neraca panas di atas maka fungsi pendinginan pada motor menjadi penting, karena panas yang akan terserap oleh sistem pendinginan dapat mencapai 32 persen.
Bila mesin tidak didinginkan akan terjadi pemanasan yang lebih (overheating) dan akan mengakibatkan gangguan-gangguan sebagai berikut:
a.      Bahan akan lunak pada suhu tinggi. Contoh: torak yang terbuat dari logam paduan aluminium akan kehilangan kekuatannya (kira-kira sepertiganya) pada suhu tinggi (300ºC), bagian atas torak akan berubah bentuk atau bahkan mencair.
b.      Ruang bebas (clearance) antara komponen yang saling bergerak menjadi terhalang bila terjadi pemuaian karena panas berlebihan. Misalnya torak akan memuai lebih besar (karena terbuat dari paduan aluminium) daripada blok silinder (yang terbuat dari besi tuang)  sehingga gerakan torak menjadi macet.
c.      Terjadi tegangan termal, yaitu tegangan yang dihasilkan oleh perubahan suhu. Misalnya cincin torak yang patah, torak yang macet karena adanya tegangan tersebut.
d.      Pelumas lebih mudah rusak oleh karena panas yang berlebihan. Jika suhu naik sampai 250 ºC pada alur cincin, pelumas berubah menjadi karbon dan cincin torak akan macet sehingga tidak berfungsi dengan baik, atau cincin macet (ring stick). Pada suhu 500  ºC pelumas berubah menjadi hitam, sifat pelumasannya turun, torak akan macet sekalipun masih mempunyai ruang bebas.
e.      Pembakaran tidak normal. Motor bensin cenderung untuk terjadi ketukan (knocking).
 Sebaliknya bila motor terlalu dingin akan terjadi masalah, yaitu:
a.      Pada motor bensin bahan bakar akan sukar menguap dan campuran udara bahan bakar m,enjadi gemuk. Hal ini menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna.
b.      Pada motor diesel bila udara yang dikompresi dingin akan mengeluarkan asap putih dan menimbulkan ketukan dan motor tidak mudah dihidupkan.
c.      Kalau pelumas terlalu kental, akan mengakibatkan motor mendapat tambahan tekanan
d.      Uap yang terkandung dalam gas pembakaran akan terkondensasi pada suhu kira-kira 50 ºC
2.      Macam-Macam Sistem Pendingin
a.      Sistem Pendinginan Udara
1)     Pendinginan oleh aliran udara secara alamiah.
Pada sistem ini panas yang dihasilkan oleh pembakaran gas dalam ruang bakar sebagian dirambatkan keluar dengan menggunakan sirip-sirip pendingin (cooling fins) yang dipasangkan di bagian luar silinder (Gambar 2). Pada tempat yang suhunya lebih tinggi yaitu pada ruang bakar diberi sirip pendingin yang lebih panjang daripada sirip pendingin yang terdapat di sekitar  silinder yang suhunya lebih rendah. 
 2)     Pendinginan oleh tekanan udara
Udara yang menyerap panas dari sirip-sirip pendingin harus berbentuk aliran atau udaranya hrus mengalir agar suhu udara di sekitar sirip tetap rendah sehingga penyerapan panas tetap berlangsung sempurna. Hal ini dapat dicapai dengan jalan menggerakkan sirip pendingin atau udaranya. Bila sirip pendingin yang digerakkan atau mesinnya bergerak seperti pada sepedamotor. Pada mesin stasioner aliran udaranya diciptakan dengan cara menghembuskannya melalui blower yang dihubungkan langsung dengan poros engkol Gambar 3 menunjukkan pendinginan udara menggunakan kipas/blower yang terpasang pada roda gila (flywheel fan), yang dianggap tidak efisien karena tanpa pengarah aliran (shroud). Agar aliran udara pendingin lebih dapat mendinginkan sirip-sirip digunakan pengarah.
b.      Sistem Pendinginan Air
Pada sistem ini sebagian panas dari hasil pembakaran dalam ruang bakar diserap oleh air pendingin setelah melalui dinding silinder. Oleh karena itu di luar silinder dibuat mantel air  (water jacket).  Pada sistem pendinginan air ini air harus bersirkulasi. Adapun sirkulasi air dapat berupa 2 (dua) macam, yaitu:
a.      Sirkulasi alamiah/Thermo-syphon
b.      Sirkulasi dengan tekanan
Pada sistem pendinginan air dengan sirkulasi alamiah, air pendingin akan mengalir dengan sendirinya yang diakibatkan oleh perbedaan massa jenis air yang telah panas dan air yang masih dingin (Gambar 5). Agar air yang panas dapat dingin, maka sebagai pembuang panas dipasangkan radiator (Gambar 6). Air yang berada dalam mantel air dipanaskan oleh hasil pembakaran sehingga suhunya naik, sehingga massa jenisnya akan turun dan air ini didesak ke atas oleh air yang masih dingin dari radiator. Agar pembuangan panas dari radiator terjadi sebesar mungkin maka pada sistem pendingin dilengkapi juga dengan kipas yang berfungsi untuk mengalirkan udara pada radiator agar panas pada radiator dapat dibuang atau diserap udara.


  Gambar 5. Prinsip sirkulasi alamiah                      Gambar 6. Sirkulasi alamiah  di mesin
Pada sirkulasi dengan tekanan pada prinsipnya sama dengan sirkulasi alam, tetapi untuk mempercepat terjadinya sirkulasi maka pada sistem dipasang pompa air (Gambar 7)



 Gambar 7. Sirkulasi dengan tekanan

3.      Proses Pendinginan Pada Mesin
Pada mesin bensin ataupun pada mesin diesel proses pendinginan tergantung pada sistem pendinginan yang digunakan. Pada pendinginan udara, panas akan berpindah dari dalam ruang bakar melalui kepala silinder, dinding silinder dan piston secara konduksi. Selanjutnya yang melalui dinding dan kepala slinder, panas akan berpindah melalui sirip-sririp (fins) dengan cara konveksi ataupun radiasi di luar silinder.
Pada pendinginan air secara alamiah, proses perpindahan panas/pendinginan melalui perubahan massa jenis air yang menurun karena panas selanjutnya air akan berpindah secara alamiah berdasarkan rapat massa sehingga terjadi sirkulasi alamiah untuk pendinginannya. Untuk mempercepat pembuangan panas pada sistem pendinginan air dipasangkan radiator. Melalui radiator ini  panas akan dibuang ke udara melalui sirip-sirip radiator. Pada pendinginan air dengan tekanan, sirkulasi akan dipercepat oleh putaran kipas pompa sehingga sirkulasi air pada sistem ini akan lebih baik.
4.  Bagian-Bagian Sistem Pendingin Air
Bagian-bagian sistem pendinginan air yang penting dan perlu dipelihara/diservis adalah: Radiator, Tutup radiator, Pompa air, Kipas, Katup termostat, Tangki reservoir

a.       Radiator
Radiator pada sistem pendinginan berfungsi untuk mendinginkan air atau membuang panas air ke udara melalui sisrip-sirip pendinginnya. Konstruksi radiator dapat dilihat pada gambar 8.

  




 Gambar 8. Konstruksi radiator
Konstruksi radiator terdiri dari:
1)     Tangki atas
Tangki atas  berfungsi untuk menampung air yang telah panas dari mesin. Tangki atas dilerngkapi dengan lubang pengisian, pipa pembuangan dan saluran masuk dari mesin. Lubang pengisian harus ditutup dengan tutup radiator. Pipa pembuangan untuk mengalirkan kelebihan air dalam sistem pendinginan yang disebabkan oleh ekspansi panas dari air keluar atau ke tangki reservoir. Saluran masuk ditempatkan agak keujung tangki atas.  
2)     Inti radiator (radiator core)
Inti radiator berfungsi untuk membuang panas dari air ke udara agar suhu air lebih rendah dari sebelumnya. Inti radiator terdiri dari pipa-pipa air untuk mengalirka air dari tangki atas ke tangki bawah dan sisrip-sirip pendingin untuk membuang panas air dalam pipa-pipa air. Udara juga dialirkan diantara sirip-sirip pendingin agar pembuangan panas secepat mungkin. Warna inti radiator dibuat hitam agar pepindahan panas radiasi dapat terjadi sebesar mungkin. Besar kecilnya inti radiator tergantung pada kapasitas mesin dan jumlah pipa-pipa air dan sisrip-siripnya
3)     Tangki bawah
Tangki bawah berfungsi untuk menampung air yang telah didinginkan oleh inti radiator dan selanjutnya disalurkan ke mesin melalui pompa. Pada tangki bawah juga dipasangkan saluran air yang berhubungan dengan pompa air dan saluran pembuangan untuk membuang air radiator pada saat membersihkan radiator dan melepas radiator.                     
b.      Tutup Radiator
Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan titik didih air pendingin  dengan jalan menahan ekspansi air pada saat air menjadi panas sehingga tekanan air menjadi lebih tinggi daripada tekanan uadar luar. Di samping itu pada sistem pendinginan tetrutup, tutup radiator berfungsi untuk mempertahankan air pendingin dalam sistem meskipun dalam keadaan dingin atau panas. Untuk maksud tersebut tutup radiator dilengkapi dengan katup pengatur tekanan (relief valve) dan katup vakum (Gambar 9).




Gambar 9. Konstruksi tutup radiator

Cara kerja katup-katup pada tutup radiator adalah sebagai berikut:
Pada saat mesin dihidupkan suhu air pendingin segera naik dan akan menyebabkan kenikan volume air sehingga cenderung keluar saluran pengisian radiator. Keluarnya air tersebut ditahan oleh katup pengatur tekanan sehingga tekanan naik. Kenaikan tekanan akan menaikkan titik didih air yang berarti mempertahankan air pendingin dalam sistem. Bila kenaikan suhu sedemikian rupa  sehingga menyebabkan kenaikan volume air yang berlebihan, tekanan air akan melebihi tekanan yang diperlukan dalam sistem. Karenya air akan mendesak katup pengatur tekanan untuk membuka dan air akan keluar melalui katup ini ke pipa pembuangan. (Gambar 10a).
Pada saat suhu air pendingin turun akan terjadi penurunan volume, yang akan menyebabkan terjadinya kevakuman dalam sistem yang selanjutnya akan membuka katup vakum sehingga dalam sistem tidak terjadi kevakuman lagi (Gambar 10b). Sistem yang menggunakan tangki reservoir, kevakuman akan diisi oleh air sehingga air dalam sistem akan tetap (Gambar 11). Bila sistem tidak menggunakan tangki reservoir maka yang masuk adalah udara.






Gambar 10. Kerja katup pengatur tekanan dan katup vakum



Gambar 11. Radiator dengan tangki reservoir
c.      Pompa Air
Pompa air berfungsi untuk menyirkulasikan air pendingin dengan jalan  membuat perbedaan tekanan antara saluran isap dengan saluran tekan pada pompa. Pompa air yang biasa digunakan adalah pompa sentrifugal. Pompa air ini digerakkan oleh mesin dengan bantuan tali kipas (“V” belt) dan puli dengan perbandingan putaran antara pompa air dengan mesin sekitar 0,9 sampai 1,3. Hal ini dimaksudkan agar dapat mengalirkan air pendingin sesuai dengan operasi mesin  (Gambar 12)



Gambar 12. Konstruksi pompa air
Pompa ini terdiri dari: (a) Poros, (b) Impeller, dan (c) Water seal
d.      Kipas Pendingin
Kipas berfungsi untuk mengalirkan udara pada inti radiator agar panas yang terdapat pada inti radiator dapat dipancarkan ke udara dengan mudah. Kipas pendingin dapat berupa kipas pendingin biasa (yang diputarkan oleh mesin) atau kipas pendingin listrik. Kipas pendingin biasa digerakkan oleh putaran puli poros engkol. Poros kipas biasa sama dengan poros pompa air sehingga putaran kipas sama dengan putaran pompa.
Pada kipas pendingin listrik digerakkan oleh motor listrik akan menghasilkan efisiensi pendinginan yang lebih baik (terutama pada kecepatan rendah dan beban berat) dan membantu pemanasan awalair pendingin yang lebih cepat, penggunaan bahan bakar yang lebih hemat, dan mengurangi suara berisik.
Adapun cara kerja kipas pendingin listrik sebagai berikut:
(Lihat gambar 14)


                    Gambar 13. Cara kerja kipas pendingin listrik
Bila suhu air pendingin dibawah 83 ºC temperature switch ON dan relay berhubungan dengan masa. Fan relay coil terbuka dan motor tidak bekerja.
Bila suhu air pendingin di atas  83 ºC, temperature switch akan OFF dan sirkuit relay ke masa terputus. Fan relay tidak bekerja, maka kontak poin merapat dan kipas mulai bekerja.
e.      Katup Termostat
Katup termostat berfungsi untuk menahan air pendingin bersirkulasi  pada saat suhu mesin yang rendah dan membuka saluran adri mesin ke radiator pada saat suhu mesin mencapai suhu idealnya. Katup termostat biasanya dipasang pada saluran air keluar dari mesin ke radiator yang dimaksudkan agar  lebih mudah untuk menutup saluran bila mesin dalan keadaan dingin dan mebuka saluran bila mesin sudah panas.
Ada 2 tipe termostat, yaitu tipe bellow dan tipe wax. Kebanyakan termostat yang digunakan adalah tipe wax. Di samping itu termostat tipe wax ada yang menggunakan katup by pass dan tidak menggunakan katup by pass.






Gambar 14. Termostat tipe wax
 Cara kerja katup termostat adalah sebagai berikut:
Pada saat suhu air pendingin rendah katup tertutup atau saluran dari mesin ke radiator terhalang oleh wax (lilin) yang belum memuai. Bila suhu air pendingin naik sekitar 80 sampai dengan 90 derajat Celcius maka lilin akan memuai dan menekan karet. Karet akan berubah bentuk dan menekan poros katup. Oleh karena posisi poros tidak berubah maka maka karet yang sudah berubah tersebut akan membawa katup untuk membuka (Gambar 16) .


Gambar 15. Katup termostat pada saat suhu 80-90 ºC
Untuk menghindari terjadinya tekanan air yang tinggi pada saat katup termostat tertutup, pada saluran di bawah katup dibuatkan saluran ke pompa air yang dikenal dengan saluran pintas (by pass). Lihat gambar 17.




Cara kerja katup by pass pada termostat dapat dilihat pada sistem pendingin mesin pada saat dingin dan panas (Gambar 18 dan gambar 19)


         Gambar 16. Termostat dengan katup by pass pada saat dingin





Gambar 17. Termostat dengan katup by pass pada saat panas    
  1. Pemeliharaan/Servis Sistem Pendingin Air
a.      Pemeliharaan/servis  Radiator dan tutup radiator.
Bagian-bagian radiator dapat dilihat pada gambar  20.





                           Gambar 18. Bagian-bagian radiator
Pemeriksaan dan Perbaikan radiator dilakukan sebagai berikut:
1)     Pemeriksaan pipa-pipa dan bagian yang disolder pada tangki atas dan bawah dari kemungkinan bocor, kalau perlu diperbaiki atau diganti
2)     Periksa sirip dan inti radiator dan perbaiki sirip yang menghambat saluran air dengan menggunakan obene pipih (Gambar 21)
















BAB IV
MATERI KEGIATAN PRAKERIN
1.      Pemeriksaan dan Penggantian Media Pendingin
Pemeriksaan media pendingin meliputi pemeriksaan kapasitas dan kualitas media pendingin. Pemeriksaan kualitas pendingin meliputi pemeriksaan terhadap endapan karat atau kotoran di sekitar tutup radiator atau lubang pengisi radiator. Adapun pemeriksaan kualitas dan kapasitas media pendingin dapat dilakukan sebagai berikut :
a.      Pemeriksaan kapasitas media pendingin
Kapasitas air pendingin dapat dilihat pada tangki cadangan (reservoir tank). Permukaan media pendingin harus berada diantara garis LOW dan FULL dalam keadaan mesin dingin. Apabila jumlah air pendingin kurang, periksa kebocoran dan tambahkan media pendingin sampai garis FULL.
b.     Pemeriksaan dan penggantian kualitas media pendingin
Endapan karat atau kotoran di sekitar tutup radiator atau lubang pengisi radiator harus sedikit. Apabila media pendingin terlalu kotor atau banyak mengandung karat (berwarna kuning) harus dilakukan penggantian dengan cara sebagai berikut :
1)     Melepas tutup radiator. Pada saat membuka tutup radiator, mesin harus dalam keadaan dingin. Apabila tutup radiator dibuka dalam keadaan panas, cairan dan uap yang bertekanan akan menyembur keluar.
2)     Mengeluarkan media pendingin melalui lubang penguras dengan cara mengendorkan atau melepas baut penguras.
3)     Menutup lubang penguras, kemudian isilah dengan media pendingin berupa ethylene glycol base yang baik dan campurlah sesuai dengan petunjuk dari pabrik pembuatnya. Pendingin yang dianjurkan ialah yang mengandung ethylene glycol base lebih dari 50 % tetapi tidak lebih dari 70 %). Media pendingin tipe alcohol tidak disarankan dan harus dicampur dengan air sulingan.
4)     Memasang tutup radiator
5)     Menghidupkan mesin dan periksa kebocoran
6)     Memeriksa permukaan media pendingin dan tambahkan jika diperlukan.
2.      Pelepasan, Pemeriksaan dan Penggantian Pompa Air
Pompa air perlu diperiksa apabila air dalam sistem pendingin tidak bersirkulasi, karena fungsi pompa air adalah untuk menekan air pendingin sehingga dapat bersirkulasi didalam sistem. Gejala yang ditimbulkan apabila pompa air tidak bekerja adalah temperatur mesin naik dengan cepat pada saat mesin hidup. Pompa air juga perlu diganti apabila seal perapat telah aus atau sudah tidak mampu menahan tekanan air. Dalam kenyataannya seringkali seal pompa tidak tersedia di pasaran, sehingga apabila terjadi kebocoran air akibat seal pompa, maka harus mengganti unit pompa secara keseluruhan. Untuk melepas pompa dari sistem pendingin sebaiknya mengikuti prosedur yang benar. Demikian pula pelepasan komonen-komponen pompa. Pelepasan dan pemasangan komponen yang tidak benar akan mengakibatkan kerja pompa tidak optimal. Selanjutnya dalam kegiatan belajar ini akan dibahas berturut-turut prosedur pelepasan, pemeriksaan dan pemasangan pompa air.
a.      Prosedur pelepasan pompa air dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1)     Mengeluarkan media pendingin mesin
2)     Melepas tali kipas, kipas, kopling fluida (jika ada) dan puli pompa air dengan prosedur sebagai berikut :
a)           Merentangkan tali kipas dan mengendurkan mur pengikat tali kipas
b)           Mengendorkan pivot dan baut penyetel, alternator, kemudian lepas tali kipas.
c)            Melepas mur pengikat kipas dengan kopling fluida dan puli
d)           Melepas mur pengikat kipas dari kopling fluida
3)     Melepas pompa air 
b.      Pemeriksaan komponen pompa air:
1)     Pemeriksaan pompa air dapat dilakukan dengan cara memutar dudukan puli dan mengamati bahwa bearing pompa air tidak kasar atau berisik. Apabila diperlukan, bearing pompa air harus diganti.



Gambar 19.  Pemeriksaan pompa air
2)     Pemeriksaan kopling fluida dari kerusakan dan kebocoran minyak silicon.
 c.      Prosedur pelepasan komponen pompa air :
Komponen pompa air terdiri atas: bodi pompa, dudukan puli, bearing, satuan seal, rotor, gasket dan plat (lihat gambar 3). Nama komponen yang diberi tanda  ◊ adalah komponen yang tidak dapat digunakan lagi setelah dilakukan pelepasan komponen.

Gambar 20.  Komponen pompa air
Adapun prosedur pelepasan komponen pompa air adalah sebagai berikut :
1)     Melepas plat pompa dengan cara melepas baut pengikatnya (lihat gambar 4)

Gambar 21.  Cara melepas plat
 2)     Melepas dudukan puli dengan menggunakan SST dan pres, tekan poros bearing dan lepas dudukan puli
Gambar 22. Cara melepas  dudukan Puli
3)   Melepas bearing pompa dengan cara sebagai berikut :
a)     Memanaskan bodi pompa secara bertahap sampai mencapai suhu 75° – 85°  C
b)     Menekan poros bearing dan melepas bearing dan rotor dengan menggunakan SST dan press
4)   Melepas rakitan seal dengan menggunakan SST dan pres
d.      Prosedur perakitan komponen pompa air :
1)     Memasang bearing pompa dengan cara sebagai berikut :
a)     Memanaskan bodi pompa secara bertahap sampai mencapai suhu 75° – 85°  C
b)     Menggunakan SST dan pres, tekan poros bearing dan lepas bearing dan rotor. Permukaan bearing harus rata dengan bodi pompa.
2)     Memasang seal pompa dengan cara sebagai berikut :
a)     Oleskan seal pada seal baru dan bodi pompa
b)     Menggunakan SST dan pres, pasang seal
3)     Memasang dudukan puli menggunakan SST dan pres pada   poros bearing pompa.
4)     Memasang rotor menggunakan press pada poros bearing pompa. Permukaan rotor harus rata dengan permukaan poros bearing
5)     Memasang plat pompa, periksa bahwa rotor tidak menyentuh plat pompa.
6)     Memeriksa bahwa pompa air berputar lembut.
3.      Pelepasan, Pemeriksaan dan Pemasangan Thermostat
a.      Prosedur pelepasan thermostat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1)     Mengeluarkan media pendingin mesin
2)     Melepas saluran air keluar (selang karet atas)
3)     Melepas tutup rumah thermostat, kemudian mengeluarkan thermostat dari rumahnya. 
Gambar 23.  Melepas tutup thermostat 
b.      Pemeriksaan thermostat, dengan cara sebagai berikut :
1)     Mencelupkan thermostat ke dalam air dan panaskan air secara bertahap, kemudian periksa temperatur pembukaan katup.



Gambar 24.  Memeriksa kerja thermostat               
Temperatur pembukaan katup : 80° - 90° C. Jika tempera-tur pembukaan katup tidak sesuai dengan spesifikasi, thermostat perlu diganti.
2)     Memeriksa tinggi kenaikan katup. Jika kenaikan katup tidak   sesuai dengan spesifikasi, maka termostat perlu diganti. Spesifikasi kenaikan katup pada 95° C : 8 mm atau lebih.
Gambar 25.  Pemeriksaan tinggi kenaikan katup 
c.      Prosedur pemasangan thermostat dengan cara sebagai berikut :
1)     Memasang gasket baru pada thermostat


 Gambar 26. Memasang gasket baru 
2)     Meluruskan jiggle valve pada thermostat dengan tanda di sisi kanan dan masukkan ke dalam rumah saluran. Posisi jiggle valve dapat digeser, 10° ke kiri atau ke kanan dari  tanda.
3)     Memasang saluran air keluar.
4.      Pemeriksaan dan Pengujian  Sistem Pendingin
Pemeriksaan dan pengujian dalam sistem pendingin adalah pemeriksaan kebocoran pada sistem pendingin. Untuk memeriksa kebocoran sistem pendingin diperlukan alat yang disebut “Radiator Cap Tester“. Alat tersebut disamping dipakai untuk memeriksa kebocoran pada sistem pendingin juga dapat digunakan untuk menentukan kondisi tutup radiator.
a.      Pemeriksaan tutup radiator dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1)     Melepas  tutup radiator, kemudian pasang tutup radiator pada radiator cap tester (alat uji tutup radiator). Untuk mencegah terjadinya bahaya panas, tidak diperkenankan membuka tutup radiator dalam keadaan mesin masih panas, karena cairan dan uap bertekanan akan menyembur keluar.
2)     Memeriksa tutup radiator dengan alat uji tutup radiator.  Lakukan pemompaan dan ukurlah tekanan pembukaan katup vakum.
    


                                                    Gambar 27.  Pemeriksaan tutup radiator
                        Tekanan pembukaan standar :
0,75 – 1,05 kg/cm2   (10,7 – 14,9 psi)
Tekanan pembukaan minimum : 0,6 kg/cm2   (8,5 psi)
Untuk pemeriksaan tutup raditor sebaiknya menggunakan pembacaan maksimum sebagai tekanan pembukaan. Apabila tekanan pembukaan kurang dari minimum, maka tutup radiator perlu diganti.
b.      Pemeriksaan kebocoran sistem pendingin dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1)     Isilah radiator dengan media pendingin, kemudian pasanglah radiator cap tester pada lubang pengisian media pendingin pada radiator seperti pada gambar 12.




Gambar 28.  Pemeriksaan kebocoran pada sistem pendingin
2)     Pompalah radiator cap tester sampai tekanan 1,2 kg/cm2   (17,1 psi), dan periksa bahwa tekanan tidak turun. Apabila tekanan turun berarti ada kebocoran pada sistem pendingin atau pada komponen sistem pendingin. Oleh karena itu perlu diperiksa kebocoran pada saluran pendingin, radiator, dan pompa air. Apabila tidak ditemukan kebocoran pada komponen tersebut, maka perlu diperiksa blok dan kepala.








BAB V
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Melalui usaha dan keinginan semua ini guna penyusunan laporan yang merupakan tugas dan kuwajiban kami, disamping do’a yang selalu kami panjatkan kepada tuhan yang maha esa hingga karya tulis ini terselesaikan dengan baik.
Dengan ini siswa mendapatkan :
1.    Siswa dapat memiliki keahlian kerja yang baik dengan sarana dan prasarana yang secukupnya.
2.    Siswa mempunyai gambaran bahwa bekerja di dunia industry membutuhkan kedisiplinan yang lebih dibandingkan dengan kedisiplinan yang ada di sekolah.
3.    Menjadikan siswa mengerti bagaimana menjadi tenaga kerja yang berkualitas dan professional.
Dalam menyusun laporan penulis sadari bahwa banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan karena pengalaman dan pengetahuan yang terbatas dan masih memerlukan bimbingan.


B.                             Saran-saran
Ø    Tingkatkan dalam mengelola perusahaan agar perusahaan agar menjadi perusahaan yang lebih baik dari sebelumnya.
Ø    Tingkatkan dalam melayani konsumen agar perusahaan berkembang semakin pesat dan produk-produk yang dijual semakin banyak peminatnya.
C.                             HAMBATAN
Dalam pelaksanaan prakerin ini, penulis menemui hambatan sebagai berikut:
1.         Tempat Prakerin yang jauh
2.         Keterbatasan waktu prakerin
3.         Alat-alat bengkel yang kurang lengkap

















DAFTAR PUSTAKA
-www.adulamburadul.blogspot.com, perawatan dan perbaikan system pendingin.